Selasa, 17 Juni 2014

Proposal Kewirausahaan~ Business Plan "CREPES CRISPY"




PROPOSAL BUSINESS PLAN
“CREPES CRISPY”

  

Disusun Oleh:
Yustia Yunar Vergianti ( 11 651 040)
6A Akuntansi Manajerial
Dosen Pengampu :
H. Mat Juri, S.E., M.M.

POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA
TAHUN 2014


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Usaha
Bisnis makanan ringan dalam beberapa tahun belakangan ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Selain makanan berat manusia juga membutuhkan makanan ringan untuk menahan lapar, misalnya ketika mereka berada di saat-saat tidak dalam jam makan. Biasanya yang dipilih untuk menahan lapar tersebut adalah roti, snack, atau cemilan yang bisa dinikmati langsung rasanya. Begitu banyak ragam sajian makanan ringan yang bisa kita dapatkan. Bisa dibilang bisnis ini cukup menjanjikan. Alasannya, semua orang menyukai makanan, dan berbisnis di bidang ini tidak ada patokan usia. Dari mulai anak-anak, remaja, dewasa dapat menikmatinya. Karena segmentasi pasarnya pun mencakup berbagai kalangan.
                        Martabak tipis renyah alias crepes semakin banyak peminatnya. Makanan Perancis ini mulai familiar di Indonesia sejak akhir 1990. Kudapan asal Eropa ini cukup popular, lantaran memiliki beragam pilihan rasa, dan harganya relative terjangkau. Oleh karena itu saya tertarik untuk membuka usaha “Crepes Crispy” untuk dijual sebagai camilan ringan yang rasanya cukup lezat dan saya ingin memopulerkan crepes yang belum terlalu dikenal di Samarinda ini. Harga produk murah diperkirakan berkisar Rp 5.000 sampai dengan Rp 7.000 tergantung rasa. Ada 10 pilihan rasa yang ditawarkan, antara lain coklat, bluberry, strawberry, kacang, nanas, coklat keju, keju, coklat kacang dan rasa beef atau sosis untuk variasi crepes asin. Crepes Crispy rencananya akan dibuka di Politeknik Negeri Samarinda, yaitu di Jalan Cipto Mangunkusumo, Samarinda. Peluang membuka gerai Crepes Crispy di kampus masih sangat tebuka, karena tempat sekitar kampus merupakan populasi mahasiswa dan mahasiswi yang notabene menyukai cemilan makanan ringan. Rencana jangka menengahnya adalah melakukan ekspansi di sekitar kampus Politeknik Samarinda. Rencana jangka panjangnya adalah membuka gerai Crepes Crispy di wilayah Samarinda.


 BAB II
BUSINESS PLAN
A.    Visi dan Misi
Ø Visi : Menjadi penjual dan pengembangan gerai Crepes Crispy di   mulai dari kampus Politeknik Negeri Samarinda.
Ø Misi :
1. Menjadikan Crepes Crispy memiliki banyak cabang di Samarinda dengan kualitas rasa dan harga yang terjamin.
2. Memaksimalkan kepuasan pelanggan dengan berusaha memaksimalkan pelayanan yang diberikan.
3. Menjaga kualitas dan mutu Crepes Crispy agar tetap memiliki tempat di hati pelanggan.
B.     Identifikasi Usaha
Usaha yang dijalankan ini diusulkan oleh:
1.    Nama                           :  Yustia Yunar Vergianti
2.   Nama Usaha                :   Crepes Crispy
3.    Alamat Usaha             :     Politeknik Negeri Samarinda, Jalan Cipto Mangunkusumo, Samarinda
4.    No. telp. Usaha            :  0857 5209 8605
5.    Email Usaha                : yunaryustia@yahoo.com

           C. Ruang Lingkup Usaha
Usaha ini termasuk usaha kecil yang akan di pasarkan di daerah Kampus Politeknik Negeri Samarinda, namun seiring berjalannya waktu diharapkan Crepes Crispy bisa menjadi usaha besar dan berkembang di wilayah Samarinda karena crepes ini bisa dinikmati semua kalangan dengan berbagai varian rasanya.

            D.    Tujuan
1.  Membuat produk makanan yang berinovasi dan disukai seluruh kalangan masyarakat dengan mulai memperbaharui varian-varian rasa.
2. Mendapatkan keuntungan dari Crepes Crispy ini dan jika sudah mulai  berkembang maka akan membuka cabang-cabang di wilayah Samarinda.

BAB III
ANALISIS USAHA
           
      A.    Rencana Produk
Rencana produk yang dipasarkan adalah crepes yang memberikan sensasi crispy dengan berbagai varian rasa yang ditawarkan, antara lain coklat, bluberry, stroberi, kacang, nanas, keju, coklat keju, coklat kacang dan rasa beef atau sosis untuk variasi crepes asin, serta kemasan crepes yang di buat simple dan menarik.

      B.     Produk/jasa yang dihasilkan
       Keistimewaan Crepes Crispy ini diantaranya :
1.    Hidangan lezat dan bergizi
2. Harga relatif terjangkau oleh mahasiswa atau mahasiswi di lingkungan Politeknik Negeri Samarinda
3.  Disajikan dengan berbagai varian rasa
4. Tidak menggunakan bahan pengawet dan produk dikemas secara menarik dan sederhana

BAB IV
DESKRIPSI TENTANG USAHA

A.    Jenis Usaha
Jenis usaha berupa usaha yang menjual jajanan makanan ringan atau cemilan yang lezat, bisa dimakan kapan saja dan harga produk murah tapi punya kualitas yang tidak murahan dengan berbagai varian rasa.

            B.     Prospek Usaha
Usaha ini merupakan usaha yang dirintis dari awal. Dalam  usaha ini awalnya hanya memerlukan tenaga kerja yang sedikit karena masih kecil-kecilan. Tenaga kerja harus bersifat tekun, ulet, sabar dalam menghadapi pelanggan. Tenaga kerja juga akan diberikan pelatihan awal untuk membuat crepes yang crispy dan lezat. Jika usaha sudah besar maka akan dikembangkan melalui cabang-cabang di wilayah Samarinda serta menambah tenaga kerja yang ahli.


BAB V
RENCANA PRODUKSI

      A.    Bahan Baku dan penggunaannya 
       Bahan-bahan untuk membuat Crepes Crispy adalah : 
             Bahan Baku :
1.      Tepung terigu
2.      Baking Powder
3.      Telur
4.      Gula Pasir
5.      Susu Cair
6.      Margarine, dilelehkan
7.      Garam

Bahan Isian :
1.      Keju
2.      Meses
3.      Selai Strawberry
4.      Selai Bluberry
5.      Selai Nanas
6.      Beef
7.      Sosis
8.      Selai Kacang
      B.     Proses Produksi
Adapun cara pembuatan Crepes Crispy adalah :

1.      Campur tepung terigu, baking powder, telur dan gula pasir aduk hingga rata lalu sisihkan.
2.      Ditempat yang berbeda, campur semua bahan cair (susu cair,margarine/butter leleh), aduk sampai rata
3.      Jadikan satu dan campur kedua bahan tadi sambil diaduk hingga rata, licin dan tidak menggumpal
4.      Ambil 1 sendok sayur adonan, tuangkan ke wajan anti lengket atau teflon lalu masukkan bahan-bahan isian dan masak sampai matang, tunggu hingga mengering atau terlihat sudah crispy lalu angkat dan sajikan melalui kemasan crepes yang menarik.

BAB VI
RENCANA PEMASARAN

      A.    Analisis Persaingan Usaha
1.      Strength ( kekuatan)
Potensi yang dimiliki oleh usaha Crepes Cripsy ini yaitu memopulerkan crepes yang belum terlalu dikenal di Samarinda terlebih di kawasan kampus sehingga besar kemungkinan usaha ini untuk menjadi usaha yang cukup besar dan bisa berkembang, bahan produk yang terjamin sehat dan higienis, tidak menggunakan bahan pengawet dan produk dikemas secara menarik, sederhana dan mempunyai rasa yang bervariasi serta harga yang cukup terjangkau.
2.      Weakness (kelemahan)
Kelemahan usaha ini adalah karena baru dibangun maka belum terlalu dikenal oleh masyarakat.
3.      Oppurtinity (peluang)
Tempat lokasi yang strategis seperti kawasan kampus akan menjadi salah satu peluang untuk mengundang banyak pelanggan untuk datang dan membeli produk ini karena lingkungan kampus yang konsumtif dan belum ada yang menjual Crepes Crispy sehingga mempunyai peluang besar untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya. 
4.      Treath (ancaman)
Harga bahan baku yang sewaktu-waktu bisa naik dapat menyebabkan kenaikan harga Crepes Crispy yang mungkin dapat mengurangi pembeli.

    B.     Analisis 4P 
    1.    Product
Brand   : Crepes Crispy 
Quality : Tidak menggunakan bahan pengawet  
Packing : Menggunakan kotak yang didesain menarik 
2.    Price  
Harga dari setiap crepes berbeda-beda tergantung berapa lapisan rasa pilihan, saya mematok harga termurah Rp 5.000,00 untuk 1 rasa, Rp 6.000,00 untuk 2 rasa, sampai dengan harga termahalnya hanya sekitar Rp.7.000,00 saja yaitu untuk crepes asin berisi beef atau sosis.
3.    Promotion
Promosi dilakukan melalui sejumlah media baik elektronik, cetak, iklan di radio maupun promosi langsung dari mulut ke mulut. Promosi dari mulut ke mulut dilakukan dengan mendatangi langsung kelompok-kelompok mahasiswa dikampus. Promosi melalui media elektronik dilakukan dengan membuka semacam blog dan jejaring sosial seperti facebook, twitter, bbm dan lain-lain. Promosi melalui media cetak kami lakukan dengan membuat pamflet.
4.    Place
Lokasi Crepes Cripsy berada di Jalan Ciptomangunkusumo Samarinda tepatnya di kampus Politeknik Negeri Samarinda. Lokasi penempatan gerai dipilih berdasarkan keramaian dan tingkat kestrategisan. Dengan lokasi yang strategis diharapkan dapat meningkatkan konsumen.
 
      C.    Target dan Segmentasi Pasar
1.    Geografi
Wilayah yang dijadikan target yaitu wilayah kampus Politeknik Negeri Samarinda dan wilayah sekitar Samarinda. Alasan memilih wilayah ini karena bahan-bahan untuk membuat crepes mudah ditemukan dan masih sedikit yang menjual jajanan crepes terlebih didaerah kampus.
2.    Demografi
           Berdasarkan demografi, secara pasar bertujuan pada kalangan mahasiswa mahasiswi dan lingkungan
           sekitar kampus Politeknik Negeri Samarinda dengan membuka Crepes Crispy manfaatnya adalah
           mempermudah untuk memperoleh informasi pasar.

       D.    Strategi Pemasaran
1.    Perkenalan Bisnis
Produk yang ditawarkan merupakan makanan ringan yang lezat, bergizi, dan harga yang terjangkau dengan rasa yang bervarian. Produk ini bernama “Crepes Crispy”
2.    Membangun jaringan dengan usaha lain yang dapat mendukung bisnis
Produk Crepes Crispy berkebutuhan akan bahan baku dan kemasan yang menarik maka Crepes Cripsy berniat bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan penyedia bahan baku terbaik dan perusahaan desain kemasan agar meningkatkan kualitas produk.
3.    Menciptakan inovasi pada desain yang ditawarkan
Crepes Crispy menciptakan inovasi dengan berbagai varian rasa yang diciptakan serta inovasi desain pengemasan yang inovatif.
4.    Meningkatkan kualitas pelayanan
Memberikan pelayanan terbaik dengan pemilihan tenaga kerja yang sopan santun dan mampu memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan serta menyediakan website untuk wadah para konsumen memberikan saran atas produk yang dibuat oleh Crepes Crispy.
5.    Media Pemasaran
Produk akan dipromosikan melalui website, face to face dan jejaring social seperti facebook, twitter atau bbm.


BAB VII
RENCANA PERMODALAN
      A.    Biaya Awal
Biaya Variabel
Crepes Crispy
No
Keterangan
Banyak Produk
Biaya Pokok
Jumlah
1
 Tepung Terigu
10
 Rp        12.000
  Rp            480.000
2
 Telur
12
 Rp          1.500
   Rp              72.000
3
 Baking Powder
2
Rp        10.500
 Rp              84.000
4
 Gula Pasir
2
 Rp        14.000
  Rp            112.000
5
 Susu Cair
2
Rp        14.000
   Rp            112.000
6
 Margarin
4
Rp          8.000
 Rp            128.000
7
 Garam
2
   Rp         1.000
 Rp                8.000
8
 Meses
 4
   Rp       16.500
 Rp            264.000
9
 Selai Kacang
2
   Rp       36.000
 Rp            288.000
10
 Selai Nanas
2
   Rp       37.000
 Rp            296.000
11
 Selai Blueberry
2
   Rp       37.000
  Rp            296.000
12
 Selai Strawberry
2
 Rp         37.000
 Rp            296.000
13
 Keju
1
 Rp         60.000
  Rp            240.000
14
 Beef
4
 Rp         43.000
 Rp            688.000
15
Sosis
5
 Rp         22.000
   Rp            440.000
16
Saos
2
Rp          30.000
Rp               240.000
17
Timun
4
Rp            3.000
Rp                48.000
18
Sayur-sayuran
5
Rp            5.000
Rp               100.000
19
Kemasan Crepes
360
Rp               200
Rp               288.000
20
Gas
1
Rp          18.000
Rp                 72.000
 TOTAL SELAMA SEBULAN
Rp           4.552.000
Keterangan : masing –masing jumlah x 4 minggu (1 bulan )

Biaya Tetap :
Crepes Cripsy

Biaya Tetap (Fixed Cost)

No
Keterangan
Banyaknya
Harga/Satuan
Jumlah


1
Pendingin
1
 Rp      1.500.000
 Rp          1.500.000

2
Etalase
1
 Rp      3.000.000
 Rp          3.000.000

3
Loyang
1
 Rp         400.000
 Rp             400.000

4
Lap Tangan
2
 Rp             2.000
 Rp                 4.000

5
Pisau
1
 Rp           15.000
 Rp               15.000

6
Baskom
1
 Rp             8.000
 Rp                 8.000

7
Kompor Gas
1
 Rp         450.000
 Rp             450.000

8
Kuas
1
 Rp             1.000
 Rp                 1.000

9
Banner, Sticker & Daftar Harga,menu
1
 Rp         100.000
 Rp             100.000

10
Toples
 2
 Rp           15.000
 Rp               30.000

11
Parutan Keju
 1
 Rp             8.000
 Rp                 8.000

12
Mixer
1
 Rp         250.000
 Rp             250.000

13
Gelas Ukur Air
1
 Rp           20.000
 Rp               20.000

14
Biaya Listrik dan Air

 Rp         100.000
 Rp             100.000

15
Biaya Pegawai
1
 Rp         800.000
 Rp             800.000

16
Biaya Penyusutan Peralatan


 Rp          1.206.660

Total
 Rp          7.892.660   


Perhitungan Biaya Penyusutan Peralatan :
1.      Pendingin : Harga pokok  = Rp. 1.500.000  = Rp. 25.000/bln  
                n                         60                                                       
2.      Etalase :   Harga pokok  = Rp. 3.000.000  = Rp 50.000/bulan  
               n                         60            
                           
3.      Loyang : Harga pokok  = Rp. 400.000  = Rp 11.111/bulan  
     n                         36                  
4.      Kompor Gas : Harga pokok  = Rp. 450.000  = Rp 7.500/bulan  
              n                        60                  
5.      Mixer: Harga pokok  = Rp. 250.000  = Rp 6.944/bulan  
    n                      36                  
25.000 + 50.000 + 11.111 + 7.500 + 6.944  x 12 bulan =
Rp 1.206.660/tahun

B.     Harga Per unit dan Rencana Penjualan Sehari
  Jenis Produk
Jumlah Terjual
Harga Satuan
Total Penjualan
Crepes 1 Rasa
30
5.000
150.000
Crepes 2 Rasa
10
6.000
60.000
Crepes 3 Rasa
10
6.500
65.000
Crepes Sosis
5
7.000
35.000
Crepes Beef
5
7.000
35.000
Jumlah Jadi
60

345.000

C.    Modal Awal
Rp 4.552.000 + Rp 7.892.660 = Rp 12.444.660
D.    Analisis Keuntungan
Waktu berjualan yaitu hari senin s/d sabtu. Berikut  rinciannya :
-          Pendapatan Harian = Rp 345.000
-          Pendapatan bulanan = Rp 345.000 x 26 hari = 8.970.000
Jika diasumsikan penjualan 1 tahun konstan, maka:
-          Pendapatan yang akan dicapai  = Rp 8.970.000 x 12 = Rp 107.640.000
-          Dan dengan biaya variabel = Rp 4.552.000  x 12 = Rp54.624.000
Maka laba kotor yang akan dicapai dalam 1 tahun
Rp 107.640.000 – Rp 54.624.000 = Rp 53.016.000

E.     Pengembalian Modal
Total modal awal : keuntungan per bulan = Rp 12.444.660.: Rp 8.970.000
       = 1,4 bulan  

BAB VIII
RENCANA ORGANISASI
Rencana Organisasi Crepes Crispy ini adalah dimulai dengan pemilik dan satu pegawai yang melayani para konsumen.

BAB IX
RESIKO
Resiko yang mungkin terjadi dalam usaha ini yaitu mutu dari bahan-bahan yang diperoleh bisa saja memiliki kualitas yang rendah atau rusak sehingga berdampak juga pada kualitas produk yang dihasilkan dan mengakibatkan berkurangnya pembeli Crepes Cripsy. Resiko lain adalah adanya pesaing baru yang mencoba membuka usaha yang sama di kawasan kampus, sehingga berdampak pula pada pengurangan pembeli.

BAB X
PENUTUP
A.    Kesimpulan
            Usaha Crepes Crispy ini memopulerkan crepes yang belum terlalu dikenal diwilayah Samarinda, dengan inovasi makanan ringan yang jarang ditemukan, dan dengan harga yang murah serta varian rasa yang banyak diharapkan Crepes Crispy dapat berkembang pesat.
B.     Saran
Kegagalan usaha sebenarnya bukan disebabkan oleh orang lain, namun berasal dari diri kita sendiri, dengan demikian ketekunan dan keuletan dalam menjalankannya adalah suatu keharusan.

1 komentar:

  1. Casinos Near Hollywood, LA - Mapyro
    Find Casinos Near Hollywood, LA in real-time and see activity. 구리 출장샵 The map shows casinos with casinos and 부산광역 출장마사지 other 제천 출장샵 gaming facilities located in Hollywood, 양산 출장샵 LA near 광주광역 출장마사지

    BalasHapus